TikTok

Mengupload video berkualitas HD ke TikTok terkadang menjadi kendala bagi sebagian orang lantaran adanya batasan bandwidth. Secara umum, bandwidth adalah jumlah data yang dapat ditransfer per satuan waktu. Satuan ukur bandwidth adalah bit per detik (bps). Semakin besar bandwidth, semakin cepat data dapat ditransfer.

Bandwidth dapat dianalogikan sebagai lebar jalan. Semakin lebar jalan, semakin banyak kendaraan yang dapat lewat dalam waktu yang sama. Dalam hal ini, data adalah kendaraan dan bandwidth adalah lebar jalan.

Nah, untuk mengatasi ini, beberapa konten kreator menggunakan VPN. VPN dapat membuka batasan bandwidth dengan menyambungkan ke server di negara lain yang memiliki batas bandwidth yang lebih tinggi.

Misalnya, TikTok membatasi bandwidth upload video HD di Indonesia menjadi 50 Mbps. Jika kalian menggunakan VPN untuk menyambungkan ke server di Amerika Serikat, batas bandwidth upload video HD menjadi 1 Gbps.

Cara kerjanya, VPN akan mengenkripsi lalu lintas internet dan mengirimnya melalui server VPN. Server VPN kemudian mendekripsi lalu lintas tersebut dan mengirimkannya ke tujuannya. Proses ini menyembunyikan identitas dan lokasi Anda dari penyedia layanan internet (ISP).

Cara Upload Video TikTok HD

Sebenernya cara mengunggah video TikTok HD menggunakan VPN sama seperti pada umumnya. Hanya saja, yang perlu diingat adalah sebelum mengunggah pastikan kalian sudah mengaktifkan VPN.

Kendati begitu, tidak menutup kemungkinan orang masih bertanya-tanya. Oleh karena itu, berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengunggah video TikTok HD dengan benar.

1. Rekam atau edit video dengan resolusi tinggi

Langkah pertama adalah merekam atau mengedit video dengan resolusi tinggi, yaitu minimal 1080p atau Full HD. Kalian bisa menggunakan kamera ponsel, kamera digital, atau aplikasi edit video seperti Kinemaster, Inshot, atau CapCut.

Pastikan video yang buat tidak terlalu panjang, maksimal 60 detik, agar tidak melebihi batas ukuran file yang diizinkan oleh TikTok.

2. Buka aplikasi TikTok versi terbaru

Langkah kedua adalah membuka aplikasi TikTok versi terbaru. Kalian bisa mengunduh atau memperbarui aplikasi TikTok di Google Play Store atau App Store. Pastikan sudah masuk menggunakan akun TikTok.

3. Pilih video yang ingin diunggah

Langkah ketiga adalah memilih video yang ingin diunggah. Silahkan tekan  tombol (+) di tengah untuk mengunggah atau merekam video.

Kemudian, pilih video yang sudah direkam atau edit dari galeri ponsel. Tambahkan efek, filter, atau stiker pada video jika diinginkan.

4. Tambahkan deskripsi, hashtag, dan sound

Langkah keempat adalah menambahkan deskripsi, hashtag, dan sound pada video. Kalian bisa menuliskan caption yang menarik, informatif, atau lucu untuk menarik perhatian penonton.

Selain itu, kalian juga bisa menambahkan sound atau musik pada video. Bisa juga memilih sound yang sudah tersedia di TikTok, atau menggunakan sound orang yang Anda inginkan.

Caranya adalah dengan mengetikkan nama atau judul sound yang dicari di kolom pencarian, lalu pilih sound yang sesuai.

5. Aktifkan opsi Upload HD

Langkah kelima adalah mengaktifkan opsi Upload HD. Opsi ini bisa membantu video tetap HD saat diunggah di TikTok.

Caranya adalah dengan menggulir ke bawah dan mengetuk opsi ‘More Options’ atau ‘Pilihan Lainnya’. Kemudian, aktifkan toggle Upload HD.

6. Unggah video

Langkah keenam adalah mengunggah video Anda. Kalian bisa menekan tombol ‘Post’ atau ‘Kirim’ untuk mengunggah video ke TikTok. Tunggu hingga proses unggah selesai, dan pastikan koneksi internet stabil. Setelah video berhasil diunggah, kalian bisa melihatnya di halaman profil atau di feed TikTok.

Bagaimana mudah bukan? Itulah tutorial upload video TikTok HD tanpa VPN dan bisa pakai sound orang.

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *